Kuliner yang Populer di Kota Apel, Coba Dong

Kuliner yang Populer di Kota Apel, Coba DongKuliner yang Populer di Kota Apel, coba dong memanjakan diri di kota pelajar, Malang? Sambil menikmati berbagai destinasi yang ditawarkan, tak ada salahnya jika anda mencicipi lezatnya kuliner yang populer di Kota Apel berikut ini.

Rawon

Kuliner yang populer di Kota Apel ini merupakan sup daging sapi dengan kuah berwarna hitam. Warna hitam yang menghias kuah sup daging sapi tersebut berasal dari salah satu rempah khas Indonesia, kluwak. Cita rasa yang dihasilkan sangatlah kuat. Ternyata, tak hanya kluwak yang digunakan dalam pembuat kuliner yang populer di Kota Apel tersebut. Adapun rempah lain yang juga ikut digunakan guna memperkaya rasa sup daging sapi tersebut, antara lain bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, serai, ketumbar serta cabai.

Tak mengherankan jika kuliner yang populer di Kota Apel tersebut dapat dengan mudah anda jumpai di setiap sudut kota. Warung makan atau depot rawon yang paling ramai dan tentunya wajib anda kunjungi saat menyambangi Kota Apel tersebut adalah Rawon Nguling yang berlokasi di Jalan Zaenak Arifin No. 62.

Orem-orem

Nama yang aneh dari kuliner yang populer di Kota Apel satu ini merupakan kuliner lezat yang terdiri dari irisan ketupat dan daging ayam super empuk. Keduanya diolah dengan cara dimasak di dalam limpahan kuah santan kental nan gurih. Kuahnya sendiri cenderung mirip opor atau sayur lodeh, namun memiliki eksistenti yang jauh lebih kental.

Orem-Orem identik dengan rasa pedas. Untuk menjaga kualitas rasa alaminya, Orem-Orem dimasak di atas bara api dari arang, bukan api kompor. Orem-Orem biasanya disajikan bersama tempe goreng dan Mendol. Mendol adalah semacam gorengan yang terbuat dari tempe yang dihaluskan, lalu dicampur bumbu dan digoreng. Agar Orem-Orem terasa lebih lezat, harus ditambahkan dengan kecap dan sambal sesuai selera Anda. Kuliner Orem-Orem ini sangat jarang dijumpai di luar Malang.

Angsle

Setelah puas dengan makanan bercitarasa gurih, Anda dapat mencoba makanan khas Malang lainnya yang manis-manis, salah satunya adalah Angsle. Angsle adalah sejenis minuman yang mirip dengan sekoteng. Angsle biasanya disajikan hangat-hangat sehingga lebih enak dinikmati saat malam hari atau ketika cuaca dingin. Ini sangat cocok dengan hawa Kota Malang yang terbilang dingin di malam hari.

Angsle sendiri serupa dengan sekoteng. Umumnya, satu mangkuk angsle terdiri atas irisan roti tawar, kacang tanah yang sebelumnya sudah disangrai, kacang hijau yang sudah direbus hingga cukup lembut, tapai singkong, bubur mutiara, ketan putih yang sudah dikukus hingga menyatu satu sama lain dan yang membedakannya dengan sekoteng ialah petulo atau putu mayang.

Es Durian Dempo

Masih belum beranjak dari yang manis nan menyegarkan untuk memanjakan lidah anda, kuliner yang populer di Kota Apel dan tak boleh anda lewatkan begitu saja selanjutnya ialah Es Durian Dempo. Terbuat dari beberapa daging buah durian matang pohon, serutan es batu dan susu kental manis siap membuat lidah anda bergoyang.

Saat panas terik dan merasa sangat haus, Es Durian Dempo sudah tentu menjadi pilihan yang sangat tepat. Untuk melengkapi sajian kuliner yang populer di Kota Apel tersebut, para pedagang umumnya menambahkan beberapa sendok teh sirup.

Lokasi Es Durian Dempo sendiri dapat anda sambangi tepat di belakang SMAK St. Albertus Malang. Saking terkenalnya minuman menyegarkan tersebut, SMAK yang tak kalah populernya tersebut bahkan sering disebut juga dengan SMA Dempo.

Kuliner yang populer di Kota Apel tersebut buka dari pukul 8 pagi hingga 3 sore. Jika kebetulan anda datang pada saat istirahat makan siang, siap-siap untuk mengantre bersama banyak anak SMAK St. Albertus yang juga kepincut dengan kesegaran Es Durian tersebut.