Garuda Diinjak Kangguru 7-3

Garuda Diinjak Kangguru 7-3
Garuda Diinjak Kangguru 7-3

Kekalahan telak baru saja dialami timnas Indonesia U-16, saat berduel dengan Australia sore kemarin (Kamis, 13 / 7 / 2017) di laga lanjutan kompetisi Piala AFF U-15 ’17.

Pada awal-awal laga yang digelar di Chonburi Campus Stadium, Garuda sempat membalap skor dengan membidani 2 gol terlebih dahulu ke gawang Kangguru. Gol pertama dicipta pada menit ke 2 oleh Amiruddin Bagus. Selanjutnya, gol buat Merah Putih terbidani lagi hanya 6 menit berselang dari gol sebelumnya. Dimana, Bagus sukses menggandakan koleksi golnya pada laga tersebut.

Sayang, senyum Indonesia cuma sumingrah selama 9 menit babak 1 berjalan. Pasalnya, Australia langsung mengejar ketertinggalan dengan mencetak angka pada menit ke 9 lewat sepakan Trent Osler. Disusul dengan gol berikutnya yang tercetak 1 menit kemudian oleh Noah Botic.

Berhasil mengimbangi kedudukan 2 sama dengan Garuda, Kangguru pun semakin mengganas. Hingga akhirnya pada menit ke 12, James Sepping membalikkan keunggulan menjadi 3 – 2 pada menit ke 12.

Lagi-lagi, gawang Indonesia harus bolong pada menit ke 30. Giliran Botic yang sukses menggandakan catatan golnya. Tanpa memberikan kesempatan berkutik, Birdan Kirdar turut menyumbang gol ke gawang yang dikawal Ahludz Dzikri. Sontak Indonesia pun semakin pucat, lantaran sudah tergilas 2 – 5 di babak 1. Kedudukan tersebut, tetap bertahan hingga sesi turun minum.

Coba mengakali keadaan, Brylian Aldama ditarik Fachry Husaini keluar lapangan dan digantikan dengan Rendy Juliansyah. Sementara itu, Pualam Bahri ditunjuk untuk mengganti Dzikri yang mengalami cidera. Namun begitu, upaya Indonesia sama sekali tidak membuahkan hasil. Giliran Ryan Teague mengambil giliran untuk mendonasi gol buat Australia. 1 menit kemudian, kedudukan Australia yang 6 – 2, hampir saja berubah menjadi 7 – 2. Namun, finishing yang dilakukan didepan bibir gawang belum tereksekusi dengan sempurna. Lantaran, si kulit bundar harus mencium mistar dan membal lagi.

Kans untuk bikin gol lagi, baru didapat Indonesia pada menit ke 62. Adapun dengan gol terakhir Indonesia tersebut, Bagus sukses mencatatkan hat trick nya. Namun lagi-lagi kedudukan 3 – 6 untuk Indonesia, cuma berjalan selama 3 menit saja. Pasalnya, Australia kembali menyarangkan bola ke jala Indonesia lewat tendangan Stephan De Robillard. Kedudukan lantas berubah 7 – 3 untuk keunggulan Australia.

Menjelang laga bubar, wasit sempat memberikan kado penalti buat Indonesia. Sayang David Maulana yang berperan sebagai algojo, gagal melakukan eksekusi tersebut. Tendangan David dengan cepat mudah dibaca dan langsung ditepak oleh Jamie Signorello.

Papan skor yang tidak bergeming lagi hingga laga usai, membuat Indonesia kalah 3 – 7 dari Australia.

Kekalahan ini menjadi kegagalan ketiga timnas Indonesia U-16, saat merumput di ajang Piala AFF U-15 ’17. Adapun dengan situasi yang dialami, peluang Garuda Muda untuk bisa maju ke putaran semi final pun semakin tipis. Disebabkan tim yang dikapteni oleh Reksa Maulana itu harus tertahan di ranking 5 dengan koleksi sebiji poin saja, usai meraih 1 hasil imbang dan 2 kali keok. Sedangkan Myanmar, bercokol di ranking 2 klasemen sementara dengan saldo 7 poin.

Harapan Indonesia untuk menjadi juara di kompetisi ini pun, hampir pasti hanya menjadi mimpi di siang bolong saja. Untuk merebut posisi runner up grup A saja, Indonesia harus harap-harap cemas timnas Myanmar, Australia yang punya koleksi 6 poin dan nangkring di ranking 3, serta Laos yang mengantongi 3 poin dan duduk di urutan 4 gagal memenangkan pertandingan di 2 laga terakhir mereka. Sementara itu, Thailand tetap kokoh diatas sebagai pemegang posisi puncak klasemen dengan raihan 9 poin.

Berikut susunan pemain yang berpartisipasi dalam laga Indonesia kontra Australia kemarin.

Indonesia diperkuat oleh Ahludz Dzikri / Mochamad Yudha / Ahmad Rusadi / Miftahul Husyen / Miftakhul Septa / Muhammad Reza / Andre Oktaviansyah / Brylian Negiehta / David Maulana / Fadilah Nur Rahman, serta Aminuddin Bagus.

Sementara kubu Australia diisi oleh Jamie Signorello / Mark Peter Natta / Thomas Robin Main / Isaac Joseph Hovar / Birkan Kirdar / Ryan Teague / Luke Duzel / Noah Vinko Botic / Trent Ostier, dan juga Lachian James Sepping.

 

Author: Bos Bola

Paling Update Untuk Urusan Sepakbola